Beranda Berita Ambisi Madrasah Hebat Masagi di Pangandaran

Ambisi Madrasah Hebat Masagi di Pangandaran

322
0

SIDAMULIH.TADZKIROH.COM – Pada tahun 2018- 2019 Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Pendidikan Islam berupaya memotivasi dan memberi semangat madrasah-madrasah di daerahNYA agar menjadi madrasah yang unggul

Salah satu upaya tersebut denagn mengeluarkan slogan-slogan yaitu slogan madrasah lebih baik, lebih baik madrasah, dan Madrasah Hebat Bermartabat.

Sebagai respon terhadap upaya Kemenag RI, Kementerian Agama Kab. Pangandaran sebagai unit kerja dari Kementerian Agama menyambut baik dan mencoba mengkolaborasikan slogan tersebut dengan identitas kedaerahan menjadi “Madrasah Hebat Masagi”.  

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran, Dr. H. Achmad Buhaiti, M.Si mengatakan slogan Madrasah Hebat masagi merupakan tagline madrasah di Kab. Pangandaran, tagline tersebut merupakan konsep madrasah Nasional yang dikolaborasikan dengan identitas sunda. Katanya pada saat acara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) kepada Inmas, Sabtu (20/7/2019) di MAN 1 Pangandaran.

“Karena kita ada di daerah Provinsi Jawa Barat yang punya identitas budaya sunda sesuai juga dengan konsep madrasah, orang madrasah itu harus bisa disegala bidang secara seimbang, maka tagline itu punya ambisi bagaimana madrasah Hebat Masagi.

Untuk istilah Masgi itu sendiri, menurut H. Achmad Buhaiti mempunyai kemampuan secara seimbang, karena orang Kemenag itu anggapannya semua bidang harus bisa, maka semua lulusan madrasah semuanya harus dikuasi oleh semua siswa alumni madrasah, katanya

H. Achmad menambahkan, untuk mewujidkan madrasah hebat masagi menurutnya perlu dukungan Madrasah semua komponenn mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki komptensi baik gurunya ataupun lulusannya serta lembaganya .

“Untuk mewujidkan madrasah hebat masagi tidak terlepas dari semua unsur seperti tenaga pendidik, lembaganya. Karena pendidikan juga sama halnya dengan sebuah produksi, agar memproduksi pendidikannya bagus maka tempat produksinyapun harus bagus tempat produksinya itu kan lembaga pendidikan maka visi misi lembaga, pengelolaannya kita akan perkuat”

Madrasah juga lanjutnya, harus mendorong kepalanya, gurunya dan  siswa-siswi madrasah untuk aktif dan kreatif serta terlibat di berbagai kegiatan. Dengan menyediakan berbagai wadah kegiatan positif di madrasah diharapkan para unsur-unsur itu dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitasnya sehingga tagline “Madrasah Hebat Masagi” terwujud di Pangandaran.

“Karna pendidikan ini sebuah alat produksi, maka otomatis semuanya punya keterkaitan antara guru, kepala, lembaga dan kurikulum, Oleh karena itu perlu grand desain yang sempurna tapi kita baru memulai belum mempunyai bagaimana grand desain, tapi itu terus kita tindak lanjuti karna ini konsep besar ambisi yang luar biasa”

Lanjutnya, “Gairah madrasah itu timbul dari semangat guru dan kepala Madrasahnya, maka salah satu program untuk mewujudkan “Madrasah Masagi” salah satunya madrasah menghapal, karena dengan madrasah menghapal itu merupakan ciri identitas madrasah untuk melestarikan budaya.

“Ada banyak program-program lainnnya yang akan kita susun seperti jurnal madrasah, dan kita sudah punya media untuk mengexspor kemempuan para guru dalam mempublikasikan karya ilmiahnya diantara jurnal madrasah. Selain itu, kita juga akan membuat program gerakan literasi seperti literasi digital, literasi kitab kuning, karna literasi penting untuk mendukung madrasah masagi”

Demi mewujudkan ketercapaian program diatas dirinya mengajak seluruh komponen madrasah bersama-sama memikirkan dengan sunguh-sungguh serta serius dalam rangka mewujudkannya. “Kalau kita tidak mempunyai ambisi yang luar bisa madrash sulit untuk bisa mewujudkan masa kejayaan jaman dulu. Oleh karena itu perlu gerakan semua unsur MGMP, KKM, KKG, PGM semuanya harus bergerak untuk mewujudkan madsrasah Masagi tercapai” tambahnya./(ANDRI NAZARUDIN M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here