Beranda Nasional Pangandaran Jadi Titik Lokasi Pemantuan Hilal

Pangandaran Jadi Titik Lokasi Pemantuan Hilal

9
0

Cijulang — Mulai tahun ini, Pangandaran akan menjadi salah satu titik pemantauan hilal di Jawa Barat. Dijadwalkan pada Hari Jumat (01/03/2022) mendatang Kementerian Agama Kabupaten Pangandaran bersama Badan Hisab Rukyat (BHRD) Kabupaten akan menggelar pemantauan hilal untuk menentukan 1¬†Ramadan¬†1443H/ 2022M.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Kemeng Kab. Pangandaran, H. Supriana di hadapan Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata pada Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kab. Pangandaran di Hotel Krisna Beach 2 Pangandaran, Selasa (29/03/2022).

“InsyaAllah pak Bupati hari Jumat 1 April 2022 kita akan melaksanakan rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan, lokasinya di daerah Pasir Lasih Pantai Kesikluhur Desa Kertamukti Kecamatan Cimerak,” ungkap H. Supriana.

H. Supriana menjelaskan secara teoretis lokasi yang berada di pesisir pantai selatan berbatasan antara Pangandaran dan Kab. Tasikmalaya dinilai strategis dan telah direkomendasi oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) dan Kanwil Kemenag Jawa Barat.

“Kita sudah melakukan survei beberapa mingu lalu, mudah-mudahan tempat itu representatif dan bisa mendapatkan hasil,” ujarnya.

Sementara itu, di waktu terpisah Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Binsar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat H. Ahmad Patoni pada Raker gabungan Kemenag Kab. Kota se-Priangan Timur menyampaikan ada 11 lokasi yang bakal dijadikan titik rukyatul hilal di Jawa Barat, salah satunya Pangandaran.

“Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dan BHRD akan memantau hilal di 11 titik di Jawa Barat, dan InsyaAllah saya dan Kakanwil akan memimpin langsung di Pangandaran,” katanya.

Ia mengatakan bahwa rukyatul hilal dapat diartikan sebagai aktivitas pengamatan visibilitas hilal (bulan sabit) saat Matahari terbenam menjelang awal bulan pada Kalender Hijriah. Rukyatul hilal juga biasanya dilakukan untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah, Ramadan, dan Syawal.

Pemantauan hilal di Pangandaran akan menghadirkan beberapa tim ahli falakiyah dibantu dengan alat canggih berupa teropong, salah satunya teropong milik BHRD Kab. Pangandaran yang merupakan hibah dari Pemkab Pangandaran.

Berikut daftar 11 lokasi rukyatul hilal awal Ramadan 1443 H/2022 M di wilayah Jawa Barat:

  1. Bosscha Lembang
  2. SMK Astahana Subang
  3. Cirebon Pantai Gebang
  4. Banjar Gunung Babakan
  5. Tasik Pantai Cipatujah
  6. Garut Pantai Santolo
  7. POB Cibeas, Palabuhanratu
  8. Imah Noong Lembang Bandung Barat
  9. Pondok Bali Subang
  10. Observatorium UNISBA Bandung
  11. Keusik Luhur Kertamukti Cimerak, Pangandaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here